Jumat, 02 Juli 2010

“Nikola Tesla”

Nikola Tesla adalah salah satu penemu yang paling penting dalam sejarah. Tesla menemukan lebih dari 120 temuan. Kebanyakan dari penemuan itu masih digunakan sampai hari ini dalam bentuk yang sama atau yang lain. Dia menemukan lampu pijar, mesin bertenaga matahari, robot, jam elektrik yang pertama, dan sebuah bagian mesin yang sangat penting yang digunakan di radio dan televisi. Penemuannya yang paling penting adalah listrik arus bolak-balik atau AC. System listrik ini digunakan disetiap rumah, pabrik, dan kantor dalam dunia moderen. Tapi kebanyakan orang bahkan tidak mengenal siapa Nikola itu.

Nikola Tesla lahir pada tahun 1856 di Smijan, Croasia. Nikola adalah seorang anak yang luar biasa. Dia mempunyai daya ingat yang sangat tajam, jadi dia dapat mengingat dengan sangat cepat keseluruhan halaman buku setelah ia melihatnya. Dia juga suka menulis puisi. Ketika dia berusia lima tahun, dia membangun sebuah kincir air dan dia mencoba untuk terbang dengan pesawat buatannya sendiri. Pada tahun yang sama, saudara laki-laki Nikola meninggal. Orang-orang bilang Nikola dengan sengaja mendorongnya dari tangga. Setelah itu, Nikola mulai bersikap aneh.

Sewaktu kecil, Nikola sering sakit dengan penyakit yang aneh bahkan dokter pun tidak dapat menyembuhkannya. Dia juga melihat kilatan cahaya ketika dia sedang senang atau ketika dia sedang berpikir keras tentang sesuatu. Ketika Nikola mulai melakukan sesuatu, dia tidak dapat berhetni. Ketika dia berusia delapan tahun, dia sangat terobsesi membaca buku dan sering membaca setiap malam tanpa tidur. Kmudian, ketika dia belajar di Universitas Prague dia belajar dari jam 3 dini hari sampai jam 11 setiap malamnya. Selama hidupnya, Tesla hanya tidur selama 2 jam setiap malamnya.

Ketika Tesla masih belajar di Universitas Prague, dia memikirkan ide untuk menggunakan arus AC (bolak-alik) dalam sebuah mesin. Dia membalikkan arus langsung (DC) yang berasal dari baterai. Arus alternative adalah sebuah tipe listrik yang lebih baik dan lebih kuat . professornya bilang bahwa hal tersebut tidak akan berhasil, tapi Tesla tetap mengerjakannya. Ketika ayah Tesla meninggal, dia harus keluar dari sekolahnya untuk mencari pekerjaaan. Tesla bekerja untuk perusahaan telepon di Budapest. Tapi dia tetap tidak dapat berhenti berpikir terhadap idenya. Seperti segala apapun yang telah ia lakukan, dia tidak dapat berhenti sampai ia berhasil menyelesaikan masalahnya.

Suatu hari, Nikola Tesla memiliki pandangan terhadap keseluruhan tipe baru dari system energi listrik. Tesla bekerja sebagai ahli mesin untuk perusahaan Continental Edison. Sementara ia bekerja disana, dia membangun contoh mesinnya yang pertama. Tapi orang-orang diperusahaannya tidak tertarik pada penemuannya. Tesla memutuskan untuk pergi ke Amerika untuk bertemu dengan penemu hebat Thomas Edison. Dia tiba hanya dengan 14 cent dikantongnya!

Tapi Edison tak pernah menyukai idenya sekalipun. Dari keseluruhan itu, Edison adalah penemu dari system listrik DC. Edison memberikan Tesla sebuah pekerjaan, pada akhirnya. Dia memberikan Tesla sebuah rancangan yang Edison pun merasa sangat tidak mungkin. Tesla harus mengerjakan ulang setiap energi pada generator di Kota New York. Tesla mulai bekerja pada jam 10.30 pagi dan berakhir pada jam 5 pada pagi selanjutnya. Dia mengerjakannya 7 hari seminggu. Kadang-kadang dia bekerja selama 2 atau 3 hari tanpa istirahat. Ketika Tesla selesai, Edison menolak membayar $50.000 seperti yang telah Edison janjikan. Setelah itu Edison dan Tesla menjadi musuh.

Nikola Tesla membuat perusahaan lampu listrik Tesla dan menerima 40 paten untuk peralatan arus AC. Paten adalah surat resmi yang memberikan seseorang hak untuk menjadi satu-satunya yang membuat sebuah penemuan baru. Kemudian dia menjual patennya ke kepala perusahaan listrik Westinghouse, George Westinghouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
Do you really wanna know me? really? are you sure? okay.... I'm gonna tell you a lil bit about me. I'm just a chaos and distractible girl. I'd love to randomly post anything which distracts me. So, my post could be a sad, gloomy, cheerful, cheesy, fashionable, messy, creative or stuck writing. Just Enjoy!!!! :D