Jumat, 02 Juli 2010

“Richard Branson”

Richard Branson adalah salah satu pengusaha sukses paling kaya didunia. Dia memiliki lebih dari 150 perusahaan dan penghasilannya lebih dari 3 miliar dolar Amerika. Dia juga seorang pemberani yang menyukai semua jenis petualangan.

Richard Branson lahir pada tahun 1950 di daerah surrey di Inggris. Dia anak tertua dari tiga bersaudara. Richard mempunyai masa kecil yang bahagia. Dia itu sangat dekat dengan ibunya dan ibunya selalu memotivasi dirinya untuk melakukan yang terbaik tetapi itu kadang-kadang menjadi sulit bagi Richard. Dia mempunyai penglihatan yang buruk dan juga mempunyai masalah dengan membaca. Baginya sekolah menjadi sangat sulit. Dia juga membenci peraturan dan ketentuan-ketentuan sekolah.

Pada usia 17 tahun, Richard memutuskan untuk memulai sekolah surat kabarnya sendiri. Tapi itu tidak hanya sekolah surat kabar biasa, sekolah it diperuntukkan bagi semua pelajar dimana saja dan artikel itu ditulis oleh bintang rok, selebritis, para politik, dan para pebisnis. Dengan pertolongan temannya dan sedikit pinjaman dari ibuya dia menerbitkan berita pertama pada bulan Januari tahun 1968. majalah itu sukses besar. Dua tahun kemudian, Branson mempunyai ide untuk menawarkan murid-murid pembacanya dengan catatan murah dengan surat. Dia mempunyai banyak pesanan yang kemudian dia memutuskan memulai bisnis lain. Perusahaan catatan pemesanan suratnya disebut Virgin Mail. Dia memutuskan menggunakan nama Virgin karena dia tidak mempunyai pengalaman dalam berbisnis.

Pada tahun 1973, Branson ingin membantu beberapa musik rekaman temannya, jadi dia memulai Virgin Record. Virgin Record menjadi perusahaan rekaman terbesar yang berdiri sendiri di Inggris. Virgin Records memproduksi band-band dan penyanyi-penyanyi seperti Rolling Stones, Phill Collins, dan Janet Jackson. Branson tidak hanya berhenti sampai disini. Tahun 1983, dia memiliki 50 perusahaan berbeda. Pada tahun 1984, dia mengambil sebuah resiko besar. Dia memulai penerbangan internasional dengan seuah pesawat pinjaman. Penerbangan Virgin Atlantic Airways, yang lama kelamaan berkembang menjadi penerbangan antar atlantik terbesar ketiga di dunia.

Pada tahun 1992, Branson menjual Group Music Virginnya hampir sebesar 1 miliar dolar. Di tahun 1999, kerajaan Virgin adalah yang terbesar. Branson memiliki 150 perusahaan dengan 240.000 karyawan. Kemusian dia memiliki 2 penerbangan, bisnis perjalanan, stasiun radio, hotel, studio rekaman, perusahaan entertainment, restoran, bioskop, toko, dan perusahaan penerbitan, semuanya dengan nama Virgin. Dia bahkan membeli sebuah pulau di Karibia dan menghabiskan 20 miliar dolar untuk pepohonan dan tanaman, sebuah rumah dengan 10 ruang tidur yang cantik, dan 2 rumah tamu. Kemudian dia menyewakan pulau itu untuk beberapa orang-orang paling terkenal di dunia, seperti almarhum Putri Diana, direktur Steven Spielberg, aktor Mel Gibson, dan produser televisi dan selebritis Oprah Winfrey. Mereka membayar 20.000 dolar setiap malamnya untuk menginap disana! Kerajaan Virgin bernilai 3 miliar dolar dan bisnis pribadi terbesar yang dimilikinya di Inggris.

Orang-orang takjub tehadap Richard Branson. Dia tidak mempunyai pelatihan formal atau sekolah dalam bidang bisnis dan tidak tahu bagaimana untuk menggunakan komputer. Dia melawan semua peraturan yang telah dibangun. Branson menjalankan kerajaan bisnisnya dari rumahnya di London. Disana tidak ada kantor pusat atau dewan direktur yang membuat keputusan penting. Semua perusahaannya masing-masing berbeda dan semuanya dimiliki dan dijalankan secara pribadi dengan cara yang tidak biasa. Satu hal yang semua perusahaan punya secara umum yaitu mereka semua menempatkan karyawannya dulu dan memberikan mereka sebuah tempat bekerja yang menyenangkan. Bahkan ketika bisnisnya menurun, Branson tidak menyalahkan karyawannya. “semuanya kembali kepada mereka,” kata Branson. “tak ada yang datang mendekat…… semua orang yang kamu pekerjakan sangat penting.” Dia menulis sebuah surat sebulan sekali kepada seluruh karyawannya untuk memberitahu mereka apa yang sedang terjadi dalam perusahaan. Dia juga mengajak mereka untuk menelepon atau menulis surat kepadanya jika mereka mempunyai masalah ataupun ide.

Sebuah contoh yang baik dari bagaimana Branson bekerja adalah caranya menjalankan Virgin Airways. Kebanyakan penerbangan saat ini mendapatkan banyak uang dengan memotong biaya mereka dan menawarkan sedikit pelayanan kepada pelanggan mereka. Tapi Branson tidak. Golongan kelas pertama Airways Virgin memiliki video game dan film. Ada es krim dan hiburan untuk anak-anak. Ada box besar untuk tidur yang berukuran besar, sebuah tempat untuk latihan golf, dan ruang santai dengan kamar spa. Ada juga pelayanan mewah seperti pemijatan, perawatan tangan dan kuku, dan juga pelayanan seperti didalam mobil limusin dan dari bandara. Lama-kelamaan, Branson merencanakan untuk mempunyai kamar mandi pribadi dalam pesawatnya.

Richard Branson tidak takut untuk melakukan hal-hal liar dan aneh, terutama jika itu ditujukan untuk publisitas untuk satu dari bisnis barunya. Suatu hari, seorang pelayan penerbangan Virgin Airways memberitahukan Branson tentang idenya untuk memulai sebuah bisnis pernikahan. Branson mendukung jessica untuk melakukannya dan mengatakan bahwa dia akan membantunya. Jessica dengan segera menjadi kepala dari Virgin Bride, sebuah perusahaan yang merencanakan pernikahan dan bulan madu. Untuk mempublikasikan perusahaan barunya, Branson memakai sebuah gaun pengantin wanita. Ini hanya satu dari kebanyakan hal-hal memalukan yang ia lakukan. Dia bahkan tiba dipernikahannya sendiri dengan bergantung dari sebuah helikopter.

Petualangan alam Branson telah memimpinnya untuk mengambil resiko dalam bisnis. Tapi itu tidak pernah cukup menggembirakannya. Dia terkenal untuk petualangan menantang kematiannya seperti dia untuk prestasi bisnisnya. Dia memecahkan rekor dan menjadi orang tercepat untuk melewati Samudra Atlantik dengan kapal. Pada tahun 1987, dia mengambil pelajaran Skydiving dan hampir membunuh dirinya ketika tiba-tiba dia melepas kaitan parasutnya. Beruntungnya, seorang instruktur menyelamatkannya ditengah-tengah latihannya. Pendek cerita setelah kejadian itu, Branson melakukan perjalanan dari Amerika Serikat ke Irlandia dalam balon udara terbesar yang pernah dibuat. Itu adalah perjalanan pertama antar-atlantik dengan sebuah balon. Ketika Branson dan pilot pembantu mencapai Irlandia, angin sangat buruk yang menyebabkan mereka hampir meninggal di Air Dingin Atlantik.

Pada tahun 1991, Branson menjadi orang pertama yang melintasi Samudra Pasific dengan balon. Perjalanan dari Jepang ke Kanada yang mendekati 7000 mil dan balon melaju secepat 240 mil perjam. Ada banyak saat-saat menakutkan, seperti ketika balon kehabisan bahan baker 2 tangki. Mereka juga naik sangat tinggi pada satu titik, yang sangat berbahaya. Mereka diperkirakan mendarat di Los Angeles, tapi mereka mendarat di Gunung Rocky Canadian sebagai gantinya-hampir sejauh 2000 mil. Branson ingin menjadi orang pertama yang terbang mengelilingi dunia dengan balon udara. Dia mencoba 4 kali antara Januari 1997 dan Desember 1998. pada percobaannya yang terakhir hal tersebut terlihat seperti dia dapat membuatnya, tapi angin topan membuat balon itu mendarat di Samudra Hawai.

Impian Branson menjadi orang pertama untuk mengelilingi dunia dengan balon tidak tercapai untuknya; seseorang yang lain melakukan apa yang dilakukannya. Ini sulit dibayangkan apa yang Branson inginkan dipikirkan oleh orang lain, kedua orang sebagai pebisnis dan pemberani. Ketika seseorang yang baru-baru saja bertanya padanya tentang masa depan kerajaan perjalanannya, dia menjawab, “Virgin Space.” Siapa yang tahu? Jika siapa saja yang mau menerbangkan orang keliling angkasa, itu pasti adalah Richard Branson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
Do you really wanna know me? really? are you sure? okay.... I'm gonna tell you a lil bit about me. I'm just a chaos and distractible girl. I'd love to randomly post anything which distracts me. So, my post could be a sad, gloomy, cheerful, cheesy, fashionable, messy, creative or stuck writing. Just Enjoy!!!! :D